Haruskah SEO Dibuat Terstruktur dan Terorganisir?
Data terstruktur telah menjadi topik hangat di lingkaran SEO
selama beberapa tahun sekarang, namun banyak pemasar masih belum memiliki
pemahaman yang jelas tentang apa itu dan bagaimana kaitannya dengan
pengoptimalan. Kami berharap buletin ini membantu memberi penjelasan tentang
topik ini.
Dalam arti yang paling mendasar, data terstruktur mengacu
pada kumpulan data atau data terorganisir yang telah diberikan struktur.
Dalam jasa seo, data
terstruktur mengacu pada penerapan jenis markup laman web tertentu untuk
memberikan detail seputar konten laman. Strategi ini dapat meningkatkan
pemahaman mesin pencari tentang konten halaman tertentu, sehingga meningkatkan
sinyal relevansi dan memungkinkan situs web Anda untuk mengambil keuntungan
dari hasil yang disempurnakan dalam SERPs (seperti komidi putar, kartu kaya,
cuplikan kaya, kotak pengetahuan, dan sejenisnya).
Data terstruktur sebagai markup harus secara konsisten
diurai dan dipahami oleh manusia dan mesin telusur. Ini telah menyebabkan
penerapan standar atau format dan sintaksis, serta klasifikasi hubungan,
konsep, dan istilah, atau kosakata yang harus digunakan untuk memastikan
kebenaran.
Tiga mesin pencarian syntax yang biasanya didukung adalah
Microdata, Microformats, dan JSON-LD. Sintaks ini biasanya digunakan dengan
kosakata seperti Schema.org dan Microformats.org. Dalam jasa seo terbaik, markup data terstruktur yang paling
umum digunakan (meskipun bukan satu-satunya) adalah Schema.org.
Mesin pencari seperti Google dan Bing mendorong situs untuk
memanfaatkan data terstruktur. Mereka bahkan mendorong penggunaannya dengan
menawarkan manfaat ke situs web yang menerapkannya dengan benar. Manfaat ini
biasanya mencakup keuntungan dan peningkatan hasil penelusuran, bersama dengan
fitur khusus konten lainnya seperti:
Hasil penelusuran atau cuplikan kaya, yang dapat menyertakan
gambar, styling, dan peningkatan visual serupa untuk membantu Anda memberikan
konteks tambahan untuk berbagai jenis konten seperti artikel, produk, video,
peringkat bintang, ulasan produk, dll.
Semua peningkatan hasil pencarian ini memerlukan penggunaan
data terstruktur sebagai pendekatan markup. Bukan hanya peningkatan hasil
pencarian ini membantu mendorong halaman Anda ke peringkat yang lebih tinggi —
mereka juga dapat membantu meningkatkan keseluruhan rasio klik melalui,
sehingga menarik lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Ini dimungkinkan karena
hasil pencarian yang disempurnakan umumnya lebih menarik secara visual. Mereka
juga memberikan informasi yang lebih bermanfaat bagi para pencari. Tidak hanya
dapat meningkatkan rasio klik melalui secara tidak langsung meningkatkan
peringkat pencarian — mereka juga dapat dianggap sebagai sinyal perilaku
pengguna.
Komentar
Posting Komentar